Sudah Ikhlaskah diri ini??

Allah SWT dalam Al-quran mengatakan :

Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: “Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa”. Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya”. (QS; Al-kahfi : 110)Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal,( QS; Al-Kahfi :107 )

Dua  ayat ini Allah SWT kembali menegaskan

Amal Sholeh apakah yang Allah minta dari hamba Nya ?Amal sholeh apakah yang mendahulukan seorang hamba atas yang lainnya untuk bisa merasakan nikmat surga terlebih dahulu?

Apakah ia ibadah yang  dilaksanakan sesuai dengan tuntunan dari ALLAH SWT?

Atau ibadah yang mengharapkan keridhoan dari manusia, sehingga mendapatkan balasan dari mereka?

Ataukah ia ibadah yang mengaharapkan ridho ALLAH SWT sekaligus ridho dari umat manusia bersamaan?

Atau ia ibadah yang tanpa niat dan berjalan begitu saja?

Ketahuilah, bahwasanya gambaran ibadah ataupun amalan yang digambarkan diatas bukanlah amal sholeh yang ALLAH SWT selalu minta dari hamba Nya…. Akan tetapi ia adalah amalan yang mengikuti 2 persyaratan :

  1. Ikhlas atas Nya
  2. Mengikuti tuntunan yang Rasulullah SAW ajarkan pada kita.

Ketahuilah, bahwa amalan itu seperti burung, dan dua syarat ini adalah sayapnya, maka burung tidak akan bisa terbang jika dia tidak mempunyai dua sayapnya, ataupun ia tidak akan bisa terbang jika salah satu sayapnya rusak. Begitu juga amalan, tidak akan sempurna jika dua atau satu syaratnya tidak ada.

ALLAH SWT kembali mengingatkan hamba NYa :

 

Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun, (QS: Al-Mulk : 2)Berkata Fudhail Bin ‘Iyadh Rahimahullah : Adapun yang dimaksud dengan amalan yang paling baik adalah, “amalan yang paling ikhlas dan paling benar”, orang-orang bertanya, “Wahai Abu ‘Ali apakah yang dimaksud dengan paling ikhlas dan paling benar?” Beliau menjelaskan, “Sesungguhnya amalan jika  ia telah ikhlas tetapi tidak benar maka tidak diterima oleh Allah,  sebaliknya, jika amalan tersebut telah benar tetapi tidak ikhlas juga tidak akan  diterima oleh Allah.

–          Keikhlasan yang hanya kepada ALLAH SWT

–          Dan kebenaran yang mengikuti  Sunnah Rasulullah SAW.

Banyak orang yang mengira kalau ikhlas adalah hal yang gampang, dan menjadi urusan yang sangat mudah tanpa perlu mengeluarkan mujahadah. Akan tetapi  keikhlasan membutuhkan usaha sebelum beramal, ketika beramal ataupun sesudah beramal

–          Sebelum beramal :  menyerahkan seluruh amalan ini karena ALLAH SWT, tanpa ada sedikitpun terbersit untuk dicatat oleh manusia.

–          Ditengah beramal : Selalu menjaga niat yang benar, karena kebanyakan orang hanya bisa menjaga niat ikhlas nya diawal saja, tapi ketika amal itu sudah berjalan, ia sering lupa bahwa was-was Syaithan selalu datang merusak keihlasan amal.

–          Sesudah beramal : jangan pernah terbersit dalam diri rasa ‘ujub, kembali mengkoreksi tujuan amalan, hingga pahala ALLAH SWT benar-benar menjadi hak kita. 

Berkata Sahl bin ‘Abdullah : “ Apakah yang terpenting dalam diri?, kemudian menjawab : Ikhlash, karena ia (ikhlash) tidak memiliki bagian dalamnya (tubuh) “ 

 
  Maka tidak salahlah jika  kemudian ALLAH SWT memberikan pahala bagi orang-orang yang berhasil mengikhlashkan seluruh amalan nya karena ALLAH SWT“Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan(8) Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih. (9) Sesungguhnya kami takut akan (azab) Tuhan kami pada suatu hari yang (di hari itu) orang-orang bermuka masam penuh kesulitan(10) Maka Tuhan memelihara mereka dari kesusahan hari itu, dan memberikan kepada mereka kejernihan (wajah) dan kegembiraan hati (11) Dan Dia memberi balasan kepada mereka karena kesabaran mereka (dengan) surga dan (pakaian) sutera(12) di dalamnya mereka duduk bertelakan di atas dipan, mereka tidak merasakan di dalamnya (teriknya) matahari dan tidak pula dingin yang bersangatan(13) Dan naungan (pohon-pohon surga itu) dekat di atas mereka dan buahnya dimudahkan memetiknya semudah-mudahnya (14) Dan diedarkan kepada mereka bejana-bejana dari perak dan piala-piala yang bening laksana kaca(15) (yaitu) kaca-kaca (yang terbuat) dari perak yang telah diukur mereka dengan sebaik-baiknya(16) Di dalam syurga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe(17) (Yang didatangkan dari) sebuah mata air surga yang dinamakan salsabil(18) Dan mereka dikelilingi oleh pelayan-pelayan muda yang tetap muda. Apabila kamu melihat mereka, kamu akan mengira mereka, mutiara yang bertaburan(19) Dan apabila kamu melihat di sana (surga), niscaya kamu akan melihat berbagai macam keni’matan dan kerajaan yang besar(20) Mereka memakai pakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih(21) Sesungguhnya ini adalah balasan untukmu, dan usahamu adalah disyukuri (diberi balasan) (22)“  QS; Al-Insan : 8-22
     

Inilah ia balasan yang ALLAH SWT siapkan untuk orang-orang yang ikhlash, kebahagiaan yang abadi. Bagi orang-orang yang tidak memberi kecuali hanya karena ALLAH SWT, tidak menjauhi kemungkaran kecuali karena ALLAH SWT, dan juga tidak beramal kecuali karena ALLAH SWT.

Kita sama-sama berdo’a semoga dijadikan hamba-hamba Nya yang selalu ikhlash, dan dijauhkan dari amalan yang menjauhkan kita dari Nya. Amiin…

Wallahu ‘alamu bi shawaab…

oleh: R.Dewi 2011 

Sumber :  Buku kecil yang berjudul “IKHLASH “, (Riyadh,Press)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: